Beranda | Artikel
Hadits-Hadits Yang Mengandung 3 Landasan Utama - Kitab Al-Ushul Ats-Tsalatsah (Syaikh Prof. Dr. Abdurrazzaq Al-Badr)
Kamis, 20 Juli 2017

Bersama Pemateri :
Syaikh `Abdurrazzaq bin `Abdil Muhsin Al-Badr

Hadits-Hadits Yang Mengandung 3 Landasan Utama adalah ceramah agama dan kajian Islam pada pembahasan Kitab Al-Ushul Ats-Tsalatsah oleh: Syaikh Prof. Dr. ‘Abdur Razzaq bin ‘Abdil Muhsin Al-‘Abbad Al-Badr
Penerjemah: Ustadz Iqbal Gunawan, M.A.

(Download juga rekaman kajian sebelumnya:  Mengenal Tanda-Tanda Kekuasaan Allah – Kitab Al-Ushul Ats-Tsalatsah (Syaikh Prof. Dr. ‘Abdurrazzaq Al-Badr)

Simak kajian penuh manfaat ini setiap:

Ahad dan Senin, Pukul: 17:00 – 18:00 WIB

Hanya di Radio Rodja dan Rodja TV.

Ringkasan Kajian Kitab Al-Ushul Ats-Tsalatsah: Hadits-Hadits Yang Mengandung 3 Landasan Utama

Dalam mp3 kajian kali ini, disebutkan hadist-hadist yang mengumpulkan 3 landasan utama agar hadist-hadist ini bisa menjadi suntikan semangat bagi kita semua untuk lebih memperhatikan tiga landasan ini bagi pengetahuan kita dan juga dalam menerapkannya dalam kehidupan kita.

Hadist Pertama, diriwayatkan dari Al-Abbas Bin Abdul Muthalib, pamannya Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam, bahwa beliau pernah mendengar Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,”Akan mencicipi rasa manisnya iman orang yang telah rela kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala sebagai Robbnya, rela dengan agama Islam sebagai agamanya dan rela dengan Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam sebagai Rasulnya.” (HR. Muslim)

Hadist ke dua, dari Sa’ad bin Abi Waqqash, dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ قَالَ حِينَ يَسْمَعُ الْمُؤَذِّنَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيكَ لَهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ رَضِيتُ بِاللَّهِ رَبًّا وَبِمُحَمَّدٍ رَسُولاً وَبِالإِسْلاَمِ دِينًا. غُفِرَ لَهُ ذَنْبُهُ

Siapa yang mengucapkan setelah mendengar azan: Asyhadu alla ilaha illallah wahdahu laa syarika lah wa anna muhammadan ‘abduhu wa rasuluh, radhitu billahi robbaa wa bi muhammadin rosulaa wa bil islami diinaa (artinya: aku bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang berhak disembah selain Allah, tidak ada sekutu baginya, dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya, aku ridha sebagai Rabbku, Muhammad sebagai Rasul dan Islam sebagai agamaku), maka dosanya akan diampuni.” (HR. Muslim no. 386)

Hadist ke tiga, hadist diriwayatkan dari Abu Said Al Khudri bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda kepadanya,”Wahai Abu Said, barang siapa yang rela terhadap Allah Subhanahu wa Ta’ala, rela terhadap agama islam sebagai agamanya, rela kepada Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam sebagai nabinya, maka wajib baginya masuk surga. Ketika mendengengar perkataan ini, maka sahabat Abu Said merasa takjub dan beliau mengatakan,”Ulangi lagi wahai Rasulullah sabda tadi,” Maka Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam pun mengulangi perkataan tersebut untuk sahabat Abu Said Al Khudri (HR. Muslim)

Hadist ke empat, hadist yang diriwayatkan dari sahabat Tsauban, pembantu Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda,”tidaklah seorang hamba muslim dia mengatakan ketika memasuki harinya atau malamnya tiga kali yaitu membaca رَضِيْتُ بِاللهِ رَبًّا، وَبِاْلإِسْلاَمِ دِيْنًا، وَبِمُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نَبِيًّا (artinya:“Aku ridha Allah sebagai Rabb, Islam sebagai agama dan Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam sebagai nabiku.) Orang yang mengatakan demikian maka Allah Subhanahu wa Ta’ala akan meridhoinya pada hari kiamat. (HR. Imam Ahmad)

Lalu apa saja hadist selanjutnya?

Download dan Simak MP3 Kajian Kitab Al-Ushul Ats-Tsalatsah: Hadits-Hadits Yang Mengandung 3 Landasan Utama


Jangan lupa untuk turut menyebarkan kebaikan dengan membagikan link download kajian ini ke Facebook, Twitter, dan Google+ kita. Jazakumullahu khairan


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/28442-28442hadits-hadits-yang-mengandung-3-landasan-utama-kitab-al-ushul-ats-tsalatsah-syaikh-prof-dr-abdurrazzaq-al-badr/